TK ANUGERAH 2

Pembaharuan terakhir 2017-11-07 11:58:04 314 hits

BENTUK LEMBAGA 

Nama Yayasan    :    YAYASAN ANUGERAH JAYA
Nama   Sekolah    :    TAMAN KANAK-KANAK ANUGERAH 2
Alamat Sekolah        Kp. Kuta RT.04/RW.15, Desa Ciranjang, Kec. Ciranjang, Kabupaten Cianjur 43282
Mulai Berdiri Sekolah     :    1 Juni  2001
Mulai BeropeRasi Sekolah    :    16 Juli 2001

Berbadan Hukum :        
                
Akta Notaris (Pertama)        
Nama Notaris    :    Agus Sjamsudin, SH
Alamat Notaris    :    Jalan Siti Jenab No. 59 Cianjur
Nomor /Taanggal  Akta    :    Nomor 7, Tanggal 10 Nopember 2000

Akta Notaris (Kedua)    :    Yani Jamiatusyarifah, SH., M.Kn.
Nomor / Tanggal    :    Nomor 19, Tanggal 10 Mei 2016
Alamat Notaris    :    Jalan Gatot Mangkupraja 45- 46 Cianjur


SK Menkumham RI    :    Nomor AHU-0024296.AH.01.04. Tahun 2016
Tanggal 12 Mei 2016
                    
Terdaftar pada :        
Kantor Pengadilan Negeri Cianjur
Nomor    :    WB.DI-PK-TH.07.01.01-2001
Tanggal    :    3 Januari 2001
                    
Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Cianjur
Nomor    :    220/56/Ys/Kesbang
Tanggal    :    12 Desember 2005
                    
Ijin Operasional Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur :
SOP  Nomor         :    421.9/01202/PAUDNI PO/KAB/2016
Tanggal    :    06 Septembaer 2016
                    
Sertifikat NPSN (Nomor  Pokok Sekolah Nasional) :
Nomor    :    69950796
Tanggal    :    16 November 2016
        
Kepemilikan Tanah    :    
Status Tanah    :    Wakap
Luas Tanah    :    177,41 M²
                    
Status Bangunan    :    
Surat Ijin Bangunan    :    Sedang dalam proses
Luas Bangunan    :    ....  M² (baru akan dibangun)

VISI, MISI DAN FILOSOFI TAMAN KANAK-KANAK ANUGERAH

VISI :    

Terwujudnya Pemberian Pelajaran di Dalam dan di Luar Kelas Terhadap Anak  dalam upaya pengembangan nilai-nilai agama, moral, sosial, emosional, bahasa, kognitif, serta fisik motorik untuk mencapai kemandirian dan kematangan sebagai  persiapan masuk ke jenjang berikutnya.
    
MISI :    

  1. Mengembangkan sarana dan prasarana taman kanak-kanak;
  2. Meningkatkan ilmu pengetahuan para pengajar taman kanak-kanak;
  3. Mengembangkan manajemen pengelolaan taman kanak-kanak;
  4. Memantapkan hasrat dan minat belajar murid taman kanak-kanak;
  5. Meningkatkan kepuasan murid, pengajar dan pengelola taman kanak-kanak;

FILOSOFI  :  Kecerdasan dan Kepandaian Anak (Alumi) merupakan keinginan dan kebahagiaan kami.

DASAR  PEMIKIRAN PENYELENGGARAAN  TAMAN KANAK-KANAK

Berawal dari berdirinya Yayasan Anugerah Jaya  sebagai lembaga pendidikan, ketermpilan dan pembedayaan masyarakat,  dalam upaya memotivasi publik untuk ikut serta mensukseskan tujuan pendidikan baik itu pendidikan formal dan atau pendidikan non-formal untuk dapat  memberikan pelayanan kepada masyarakat lingkungan setempat dan secara keseluruhan pada umumnya untuk ikut andil dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan/keterampilan, sejak Tahun Ajaran 2001/2002 Yayasan  Anugerah Jaya itu  mendirikan/menyelenggarakan Taman Kanak-Kanak yang namanya yaitu Taman Kanak-Kanak Anugerah (”TK. ANUGERAH”). di Kp Andir II RT.04/RW.09 Desa Cibiuk, Kec. Ciranjang, Kab. Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Kemudian atas dasar keinginan Warga Masyarakat dan sependapat dengan Para Pengurus Yayasan, mulai Tahun Ajaran 2016/2017 mendirikan/menyelenggarakan lagi Taman Kanak-Kanak yang namanya yaitu Taman Kanak-Kanak Anugerah 2 (”TK. ANUGERAH 2”). di Kp. Kuta RT.04/RW.15 Desa Ciranjang, Kec. Ciranjang, Kab. Cianjur, Provinsi Jawa Barat.
    
Adapun sebagai dasar pemikiran pendirian/penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak Anugerah 2 itu adalah merupakan suatu  implementasi dari Kebijakan Pemerintah yang sudah ada (pada waktu itu) adalah kebijakan yang tersirat dalam :

  1. Undang-Undang Nonor 20 Tahun 2003, tentang Pendidikan Nasional;
  2. raturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1991, tentang Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor  27 Tahun 1990, tentang Taman Kanak-Kanak;
  4. Keputusan Mendikbud Republik Indonesia Nomor 0486/U/1992, tentang Taman Kanak-Kanak.

Berbagai faktor yang memperngaruhi dan kompleksitasnya penyelenggaraan program pendidikan,  maka kami menyelenggarakan Taman Kanak-Kanak Anugerah 2 ini mempunyai tujuan secara umum untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.

Tujuan utamanya sebagai penjabaran dari tujuan umum tersebut, adalah  bertujuan membantu meletakan dasar ke arah perkembangan sikap, perilaku, pengetahuan keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak usia dini dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya. Taman Kanak-Kanak Anugerah 2 dimulai pada Tahun Ajaran 2016/2017 dilaksanakan dengan menyesuaikan kurikulum yang berlaku dan mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Sehingga berupaya mempunyai tujuan yang pada dasarnya :

  • Membantu anak untuk terus belajar sepanjang hayat guna menguasai keterampilan hidup. Pembelajaran bagi anak usia dini bukan berorientasi pada sisi akademis saja melainkan menitikberatkan kepada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, bahasa, intelektual, sosial-emosi serta seluruh kecerdasan (Kecerdasan Jamak). Dengan demikian, pendidikan pra sekolah yang diselenggarakan harus dapat mengakomodasi semua aspek pekembangan anak dalam suasana yang menyenangkan dan menimbulkan minat anak.
  • Mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sedangkan berdasarkan tinjauan aspek didaktis psikologis tujuan pendidikan di Pendidikan Anak Usia Dini yang utama adalah; pertama, menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan agar mampu menolong diri sendiri (self help), yaitu mandiri dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri seperti mampu merawat dan menjaga kondisi fisiknya, mampu mengendalikan emosinya dan mampu membangun hubungan dengan orang lain. Kedua, meletakkan dasardasar tentang bagaimana seharusnya belajar (learning how to learn).

Hal ini sesuai dengan perkembangan paradigma baru dunia pendidikan melalui empat pilar pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO, yaitu learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together yang dalam implementasinya di lembaga pendidikan pra sekolah dilakukan melalui pendekatan bermain sambil belajar (learning by playing), belajar yang menyenangkan (joyful learning) serta menumbuhkembangkan keterampilan hidup (life skills) sederhana sedini mungkin. Adapun kondisi pertamakali diselenggarakan seperti pada foto di bawah ini.

TK Anugerah 1

Senin, 06/11/2017

Data tidak atau belum tersedia.
Data tidak atau belum tersedia.

Jajak Pendapat

Informasi yang disajikan dalam Website ini menurut Anda ?

MUTIARA HADIST

Dari Ibnu Umar R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Kamu Sekalian Adalah Pemimpin Dan Kamu Akan Ditanya Mengenai Kepemimpinanmu. Imam (Penguasa) Adalah Pemimpin Dan Akan Ditanya Mengenai Kepemimpinannya. Seorang Laki-laki Adalah Pemimpin Keluarganya Dan Bertanggung Jawab Mengenai Kepemimpinannya. Istri Adalah Pemimpin Rumah Tangga Suaminya Dan Bertanggung Jawab Atas Kepemimpinannya. Pelayan (buruh) Adalah Pemeliharaharta Majikannya Dan Akan Ditanya Mengenai Pemeliharaannya. Maka Kamu Sekalian Adalah Pemimpin Dan Masing-masing Bertanggung Jawab Atas Kepemimpinannya." Jadilah Pemimpin Bukan Penguasa